Beranda » Artikel Blog » Mengenal Spesies dan Varietas Kopi

Mengenal Spesies dan Varietas Kopi

Diposting pada 18 July 2020 oleh admin | Dilihat: 153 kali | Kategori:

Varietas Kopi

Bagi Anda para pecinta kopi, tidak afdhol rasanya kalau tidak mengenal spesies dan varietas kopi. Sebagaimana yang dimaklumi, kopi berasal dari tumbuhan dan pada dasarnya merupakan biji buah. Dalam nomenklatur ilmiah, tumbuhan penghasil kopi ini masuk dalam genus coffea.

Para botanis dan peminat ilmu kopi terus meneliti dan menemukan spesies baru hingga tak dapat dipastikan ada berapa banyak spesies kopi saat ini. Konon, jumlahnya mencapai ratusan. Ratusan spesies kopi tersebut tumbuh liar di alam bebas di Afrika dan Madagaskar, juga di Pulau Mascaren, Comoro, Asia, dan Australia. Umumnya hanya Coffea Arabica dan Coffea Canephora (Robusta) yang tumbuh di perkebunan-perkebunan di seluruh penjuru dunia sebagai tanaman budidaya. Diyakini, Coffea Arabica adalah persilangan antara Coffea Canephora dan Coffea Eugenioides yang banyak tumbuh di sekitar perbatasan Ethiopia dan Sudan Selatan. Namun, ada pula beberapa negara yang menanam Coffea Liberica dan Coffea Excelsa dalam jumlah kecil. (Moldvaer, 2014:12)

Banyak varietas yang berkembang atau dikembangkan secara sengaja dari bibit arabika. Arabika Typica yang ditanam di Jawa pada peralihan abad XVIII menjadi titik awal penyebaran kopi ke seluruh dunia.

Varietas lain yang tergolong varietas “induk” kopi ialah Bourbon dan Heirloom – percabangan yang terakhir ini menurunkan geisha / gesha yang akhir-akhir ini populer. Bourbon diyakini merupakan Typica yang bermutasi secara alamiah dan ditemukan pada pertengahan abad XIX di Pulau Bourbon; sementara Heirloom dan cabang-cabang varietas sejenis dianggap darah murni dalam kopi. Kebanyakan varietas yang kita kenal merupakan mutasi alami ataupun budidaya Typica dan Bourbon; bahkan, beberapa merupakan hibrida antara arabika dan robusta.

Coffea Canephora mulai ditanam di Jawa untuk menggantikan arabika yang terserang wabah karat daun. Dari Jawa, robusta juga menyebar luas ke seluruh dunia, termasuk ke negara-negara penghasil arabika. Robusta pun memiliki banyak varietas. Namun, selama ini, apa pun varietasnya selalu disebut sebagai robusta.

Bagikan

Mengenal Spesies dan Varietas Kopi | Kopi Nganu

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Hubungi Kami

Live Chat
  • 6281371162702 ( 08.00 – 22.00 WIB )
  • admin@kopinganu.com
  • Jalan Ahmad¬† Dahlan No. 137 A, Pekanbaru, Riau

Chat via Whatsapp
Haris
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Haris
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja