Beranda » Blog » Proses kopi arabika dan robusta dengan proses full wash

Proses kopi arabika dan robusta dengan proses full wash

Diposting pada 2 April 2020 oleh admin / Dilihat: 723 kali

Kopi tidak hanya khas dengan cita rasa pahit yang dimilikinya, namun ada cita rasa lain yang dihasilkan dari proses pengolahannya. Salah satunya adalah proses kopi full wash yang menggunakan banyak air dari rangkaian proses pengolahannya. Kopi jenis inilah yang banyak di pasaran karena prosesnya tidak membutuhkan waktu yang lama.

  1. Pemilihan Biji Kopi

Teknik pemilihannya biji kopi ini cukup mudah, yaitu tinggal menenggelamkan biji kopi tadi ke dalam bak berisi air. Kopi yang mengambang berarti memiliki kualitas yang buruk dan tenggelam memiliki kualitas yang baik. Di tahap ini juga dilakukan pengelupasan kulit buah menggunakan alat khusus untuk memisahkan kulitnya.

  1. Proses Pencucian dan Fermentasi

Biji kopi pilihan akan dicuci ulang menggunakan alat agar benar-benar bersih sebelum ke tahap fermentasi. Fermentasi umumnya dilakukan selama 1 malam penuh atau lebih tergantung dari varietas kopi yang dipanen. Di tahap fermentasi ini kopi ditempatkan pada wadah yang kering berupa plastik atau tempat lain yang bersih.

Setelah semalam penuh atau lebih, kopi nantinya akan dicuci lagi secara manual atau bisa juga menggunakan mesin washer khusus. Proses pencucian dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak kualitasnya. Tujuan fermentasi ini adalah untuk menciptakan cita rasa kopi dan juga melepaskan lendir yang masih ada di bijinya.

kopi aceh kopi kerinci kopi lampung kopi arabika kopi robusta kopi nganu 24

  1. Pengeringan Awal

Tahap pengeringan awal bertujuan untuk mendapatkan tingkat kekeringan tertentu dan biasanya dilakukan selama 1-2 hari. Biji kopi tadi akan dikeringkan dan setiap 1 jam sekali harus dibolak-balik agar tingkat pengeringannya merata. Dalam tahap ini kebersihan kopi juga harus dijaga agar kualitas tidak menurun.

  1. Pengelupasan Cangkang

Di tahap ini kopi akan dihilangkan cangkangnya yang masih basah menggunakan alat khusus. Pastikan alat tersebut sudah dibersihkan sebelumnya, sehingga ketika proses pengelupasan nanti tidak ada yang tertinggal ataupun kotor.

  1. Pengeringan Akhir dan Sortir

Setelah dikupas, kopi akan dikeringkan lagi menggunakan mesin pengering dan biasanya membutuhkan waktu 4-7 hari. Di tahap ini kopi harus dibolak-balik agar pengeringannya sempurna. Kemudian hasil pengeringan tadi di sortir untuk dikemas.

Proses kopi full wash memang tidak selama proses coffee wine, namun cita rasanya tidak kalah. Bagi yang ingin mencicipi cita rasa kopi lain bisa mencoba kopinganu yang berasal dari biji kopi terbaik. Kualitas dan harganya sangat baik namun tetap terjangkau.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Proses kopi arabika dan robusta dengan proses full wash

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Proses kopi arabika dan robusta dengan proses full wash

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin 1
● online
Admin 2
● online
Admin 1
● online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: