Beranda » Blog » Begini Cara Budidaya Jamur Tiram Dengan Ampas Kopi

Begini Cara Budidaya Jamur Tiram Dengan Ampas Kopi

Diposting pada 3 May 2023 oleh admin / Dilihat: 141 kali / Kategori:

 

Ampas Kopi Jadi Media Tanam Jamur Tiram

Budidaya jamur tiram menjadi semakin populer dikalangan petani atau penghobi pertanian. Bagi mereka yang tertarik dalam budidaya jamur, salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan adalah media tanam yang digunakan. Salah satu media tanam yang bisa digunakan adalah ampas kopi.

Ampas kopi merupakan limbah yang dihasilkan dari proses pembuatan kopi. Biasanya, ampas kopi dibuang dan dianggap sebagai limbah yang tidak berguna. Namun, ternyata ampas kopi memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai media tanam untuk budidaya jamur tiram.

 

Kelebihan Ampas Kopi Untuk Media Tanam Jamur Tiram

Ampas kopi memiliki beberapa kelebihan sebagai media tanam jamur tiram.

Pertama, ampas kopi memiliki nutrisi yang cukup lengkap dan cukup ideal untuk pertumbuhan jamur tiram. Nutrisi yang terkandung dalam ampas kopi antara lain karbohidrat, protein, dan serat. Kandungan protein dalam ampas kopi bahkan lebih tinggi dari pada media tanam yang umumnya digunakan, seperti jerami atau sekam padi. Hal ini membuat jamur tiram yang dibudidayakan pada media tanam ampas kopi memiliki kualitas yang lebih baik.

Selain itu, ampas kopi juga memiliki pH yang cukup rendah, yaitu sekitar 5,2-5,6. pH ini sangat ideal untuk pertumbuhan jamur tiram yang membutuhkan kondisi asam atau sedikit asam. Selain itu, ampas kopi memiliki kemampuan untuk menyerap air dengan baik dan juga dapat mempertahankan kelembaban yang diperlukan oleh jamur tiram. Dengan kata lain, media tanam ampas kopi cukup cocok untuk budidaya jamur tiram.

Cara Budidaya Jamur Tiram

Untuk menggunakan ampas kopi sebagai media tanam jamur tiram, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Pastikan ampas kopi yang digunakan bersih dan tidak terkontaminasi oleh bahan kimia atau bahan lain yang berbahaya.
  2. Ampas kopi perlu diolah dengan cara disiram atau direndam dalam air panas selama beberapa jam untuk membunuh mikroorganisme yang ada di dalamnya.
  3. Ampas kopi yang telah diolah dapat dicampurkan dengan bibit jamur tiram. Caranya adalah dengan menyebar bibit jamur tiram pada lapisan ampas kopi yang telah disiapkan di dalam wadah atau tempat yang telah disiapkan.
  4. Tutup wadah tersebut dengan kain atau plastik dan biarkan selama beberapa hari hingga jamur tiram tumbuh dengan baik.

Setelah itu, media tanam yang telah ditumbuhi jamur tiram dapat dipindahkan ke tempat yang lebih terbuka dan terkena sinar matahari yang cukup. Pastikan juga kelembaban media tanam tetap terjaga dengan cara menyiraminya secara berkala. Dalam beberapa minggu, jamur tiram akan tumbuh dengan baik dan siap untuk dipanen.

Baca juga: Kandungan Pada Kopi Robusta Yang Wajib Diketahui

Dengan menggunakan ampas kopi sebagai media tanam, budidaya jamur tiram menjadi lebih mudah dan murah.

Selain itu, dengan memanfaatkan limbah ampas kopi menjadi media tanam jamur tiram, kita juga dapat membantu mengurangi limbah.

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Begini Cara Budidaya Jamur Tiram Dengan Ampas Kopi

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Begini Cara Budidaya Jamur Tiram Dengan Ampas Kopi

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin 1
‚óŹ online
Admin 2
‚óŹ online
Admin 1
‚óŹ online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: