Beranda » Artikel Blog » APA JADINYA KALAU KOPI DICAMPUR MADU?

APA JADINYA KALAU KOPI DICAMPUR MADU?

Diposting pada 13 July 2021 oleh admin | Dilihat: 282 kali | Kategori:

Ketika anda dihadapkan dengan secangkir kopi, apakah anda akan menambahkan gula atau mencampurnkanya dengan susu? Sebagian orang memang suka jika kopinya ditambahkan sesuatu yang manis, akan tetapi sudah menjadi rahasia umum lagi jika gula bukanlah pilihan yang sehat.

Setiap orang memiliki selera yang berbeda ketika menyeruput secangkir kopi, ada yang suka kopi hitam saja, atau ditambahan gula, susu dan pemanis buatan lainnya. Tapi tahukah kamu bahwa madu adalah cara baru yang keren untuk mempermanis kopi, tidak hanya menambah rasa pada kopimu, tapi juga memberikan manfaat untuk kesehatan.

SIAPA YANG MEMULAI TREND INI?

Madu sudah kita kenal akan kaya manfaatnya, namun orang yang pertama menambahkan madu dan kopi belum diketahui, kemungkinan berasal dari pecinta kopi yang suka bereksperimen dengan berbagai rasa.  Madu dikenal sebagai alternatif yang lebih sehat dari gula atau pemanis buatan lainnya.  Jadi banyak orang menggunakan madu untuk mempermanis kopi mereka.

MADU VS GULA 

Melihat fakta kesehatan bahwa jika tubuh terlalu banyak mengongsumsi kalori akan menyebabkan bertambahnya berat badan, dan jika tubuh memiliki terlalu sedikit kalori maka akan penurunan berat badan.  Satu sendok teh gula putih biasa mengandung sekitar 16 kalori, sedangkan satu sendok teh madu mengandung sekitar 23 kalori.

Jangan tertipu dengan angka-angkanya, ternyata gula memerlukan waktu yang lebih lama untuk diproses dalam tubuh.  Ini karna gula terdiri dari gula yang kompleks yang harus dipecah menjadi glukosa dan fruktosa sebelum digunakan oleh tubuh.

Di sisi lain, madu mengandung glukosa dan fruktosa dalam bentuknya yang paling sederhana sehingga lebih mudah diproses oleh tubuh.   Artinya kalori dalam madu akan langsung menjadi energi bagi tubuh.  Hal ini menyebabkan kalori yang dibakar segera, bukannya diubah menjadi lemak.

MADU MENGANDUNG SIFAT ANTI BAKTERI

Credit: Starbucks® Coffee At Home

Madu mengandung serbuk sari bunga, sehingga dapat memberikan manfaat melawan gejala flu, sakit tenggorokan dan meningkatkan daya tahan tubuh.  mengandung molekul yang akan menghambat oksidasi molekul lain. Ini membantu dalam pencegahan kerusakan sel.  Madu juga bertindak sebagai agen anti jamur dan antibakteri.  Jadi sambil minikmati kopi juga menyeruput manfaat dari madu, selain itu madu  memiliki rasa yang lebih manis dari pada gula, dibutuhkan kurang dari satu sendok teh untuk mencapai tingkat kemanisan yang sama dengan satu sendok teh gula.

MADU MENGANDUNG BANYAK VITAMIN DAN MINERAL

Madu kaya akan kalsium dan vitamin C, B6, thiamin, niacin, riboflavin, asam pantotenat dan asam amino, sedangkan mineral meliputi magnesium, kalium, kalsium, besi, belerang, tembaga, yodium, seng, dan fosfor.  Kualitas madu dan kandunganya dipengaruhi oleh asal tumbuhan dan cara pengolahannya.  Umumnya, madu yang lebih gelap memberikan vitamin dan mineral yang lebih bermanfaat dari pada madu pucat.

APAKAH YANG TERJADI JIKA MADU DICAMPUR KOPI?

Setelah mengetahui beberapa latar belakang tentang madu, madu yang kaya manfaatnya itu jika dicampurkan ke dalam kopi akan lebih berenergi dan lebih bersemangat.  Perpaduan madu dan kopi menjadi alternatif gula yang sehat, tapi apakah semua jenis madu bisa dicampurkan dengan kopi?

Beberapa madu memang terasa enak jika kita oleskan dengan roti panggang, akan tetapi  bisa jadi tidak begitu enak pada secangkir kopimu di pagi hari.  Menambahkan madu pada kopi tidak hanya mempermanis cangkir, tetapi juga menambah dimensi rasa lainnya, ada banyak jenis madu dan memiliki cita rasa yang berbeda ketika dicampurkan dengan kopi.

Ketika pertama kali kamu campurkan madu dan kopi kemungkinan kamu tidak menyukai rasanya, tapi jangan menyerah begitu saja, mungkin saja bukan karena kombinasi madu dan kopinya, akan tetapi jenis madu yang kamu gunakan.  Tidak semua orang mengetahui jenis madu, untuk itu kami ulas sedikit tentang  jenis variatas madu yang ada dipasaran:

  • Acacia – Jenis ini yang paling manis di pasaran, ringan dan memiliki rasa klasik, Cocok untuk kopi pagi kamu.
  • Alfalfa – memiliki warna yang cerah dan rasa yang ringan, kemungkinan besar membuat kopi kamu lebih manis.
  • Blue Gum – Madu ini memiliki tekstur yang lebih padat,  jadi mungkin akan terasa lebih enak pada roti panggang dari pada kopi.
  • Soba – madu hitam dengan rasa yang kuat dan pedas. Saya tidak akan merekomendasikannya dalam kopi
  • Chestnut – Langsung dari nektar pohon Chestnut, madu ini adalah pilihan populer di Italia, namun, berbagai macam madu Chestnut cenderung lebih condong ke sisi pahit.  Ini bukan pilihan pertama saya untuk memasukkan kopi saya, tetapi itu mungkin bekerja dengan baik untuk seseorang yang menderita diabetes.
  • Fireweed – Salah satu bentuk madu paling populer di Amerika Serikat. Tekstur mentega yang halus bersama dengan rasa kompleks yang manis menjadikannya teman kopi yang enak.

masih banyak lagi jenis madu yang ada dipasaran, kami merekomendasikan madu jenis acacia karena memiliki rasa dan tekstur yang pas untuk kopi, semua orang tentu memiliki selera yang berbeda, kamu juga kan? ayo temukan jenis madu yang cocok buat kopimu.

Little Coffee Place

Ada banyak manfaat madu sebagai pengganti gula untuk menambahkan sedikit rasa manis pada secangkir kopimu, mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk sumber energi tubuhmu, tanpa takut naik berat badan.  Tahukah kamu menurut penilitian yang dilakukan oleh Primary Care Respitory Journal  madu dan kopi ampuh untuk meredakan batuk, sakit tenggorokan, dan iritasi.

Ternyata madu memang mampu meredakan reaksi tidak menyenangkan pada tenggorokan karena memiliki sifat antimikroba yang ampuh melawan bakteri dan virus penyebab batuk,  jadi jika kamu sedang sakit tenggorokan atau batuk kami sarankan untuk mencoba perpaduan yang kaya manfaat ini.  Bagaimana cara membuat obat batuk alami ini, ikuti langkah berikut ini;

Bahan :

  • air
  • madu
  • bubuk kopi

cara buat:

  1. seduh kopi dengan air panas, pastikan rasio kopi dan air 1 : 15
  2. setelah kopi hangat campurkan 2-3 sendok makan madu, aduk hingga merata.
  3. selamat menikmati!

ayo cobain sekarang, tambahkan madu ke kopimu dan mulailah hari dengan awal yang sehat, cobalah satu sendok teh madu dalam kopi kamu besok pagi!

Madu dengan kopi memang nikmat banget, cobain Kopi Toraja Specialty dari Kopi Nganu Roastery, 

S.E

Bagikan

APA JADINYA KALAU KOPI DICAMPUR MADU? | Kopi Nganu Roastery

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Hubungi Kami

Live Chat
  • 0813 7116 2702
  • 0812 7088 3822
  • Jam Kantor: 09.00 – 18.00 wib
  • Jalan Ahmad  Dahlan No. 137 A, Pekanbaru, Riau
  • Layanan Pengaduan:
    0822 8636 8034

Chat via Whatsapp
Admin 1
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja