Beranda » Blog » Benarkah Kopi Mampu Meningkatkan Produktifitas?

Benarkah Kopi Mampu Meningkatkan Produktifitas?

Diposting pada 15 August 2022 oleh admin / Dilihat: 196 kali / Kategori:

Benarkah Kopi Meningkatkan Produktifitas? Mas dan Mbak, pasti tak asing dengan rumor yang beredar kalau minum kopi di pagi hari itu bisa bikin semangat buat memulai aktifitas harian. Banyak yang percaya ketika mencobanya langsung dan terbukti, tapi ada juga yang merasa gak begitu peduli bahkan ada juga yang merasa bahwa minum kopi itu gak baik untuk kesehatan.. waduhhh ya gak gitu juga kali ya kan.

Jadi kali ini kita mau bahas secara ilmiah mengapa secangir kopi di pagi hari mampu meningkatkan semangat untuk memulai aktifitas harian Mase.

Kopi Jantan

 

Penjelasan Mengapa Kopi Mampu Meningkatkan Produktifitas

Apapun yang ada di dunia ini pasti memiliki penjelasanmya, termasuk minum kopi di pagi hari mampu meningkatkan produkktifitas. Ini bukanlah sesuatu yang timbul karena sugesti belaka, ada penjelasannya secara ilmiah.

Sesaat Setelah Meneguk Kopi
Secangkir kopi pagi mampu merangsang kelenjar adrenal. Kopi yang mengandung kafein akan masuk pada sistem tubuh lalu merangsang kelenjar adrenal yang merupakan ‘tempat’ di mana kortisol berada. Kortisol yang lebih dikenal dengan hormon yang berperan dalam urusan ‘stres’ akan dilepaskan beberapa menit setelah kamu meneguk kopi pagimu.

kopi nganu roastery

Kita Terjaga Ketika Hormon Kortisol Dilepaskan
Setelah pelepasan kortisol tadi yang kurang lebih 15-20 menit (tergantung pada tubuh tiap orang) tubuh kamu akan mengalami lonjakan energi. Tingkat kesadaran kamu meningkat. Dan energi perlahan hadir dan di saat ini kamu bisa berfokus dalam mengerjakan sesuatu dengan lebih tajam. Ini adalah momen paling tepat untuk mengerjakan sesuatu karena tubuh yang sedang produktif dengan sangat baik. Proses ini terjadi hingga beberapa jam ke depan. Kortisol yang terlepas membuat kita terjaga. Itulah kenapa di pagi hari sebelum beraktivitas disarankan untuk mengonsumsi secangkir kopi.

“Kortisol adalah hormon stres utama yang mampu meningkatkan kadar gula dalam aliran darah. Juga mampu meningkatkan penggunaan glukosa di otak dan meningkatkan ketersediaan zat yang memperbaiki jaringan. Kortisol juga berperan membatasi fungsi yang tidak penting dalam jaringan tubuh kita. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi kopi dalam jumlah yang tepat. Karena kopi meningkatkan jumlah kortisol. Dan jika berlebihan akan memperburuk sistem saraf dan kesehatan manusia,” papar staf Mayo Clinic yang dikutip dari Ledder.com.

Jual Kopi di Pekanbaru

Meningkatkan Fokus Ketika Bekerja
Menurut sebuah studi yang diterbitkan Journal of Psychopharmacology, para peneliti dari Ohio State University menemukan para pekerja yang minum kopi menilai fokus diri mereka dan rekan satu timnya lebih tinggi daripada yang tidak mengonsumsi kopi.

“Kami menduga bahwa mereka (responden yang minum kopi) lebih waspada dan berkontribusi pada diskusi kelompok lebih banyak. Mereka membicarakan hal-hal yang lebih relevan (dengan topik diskusi) dan itu memberi mereka sikap yang lebih positif setelah minum kopi berkafein,” kata salah satu penulis penelitian, Amit Singh.

Suasana Hati Lebih Baik
Dalam studi berjudul The Acute Effects of Caffeinated Black Coffee on Cognition and Mood in Healthy Young and Older Adults, kopi bisa meningkatkan pelepasan neurotransmitter peningkat mood, seperti dopamin dan norepinephrine.

Masih pada studi yang sama, kandungan kafein pada kopi juga lebih efektif dalam meningkatkan mood, dibandingkan dengan minuman lainnya.
Hanya dengan meneguk satu jenis minuman, kamu bisa lebih bersemangat ketika bekerja. Enggak heran, kopi banyak dijadikan minuman pembuka hari.

Lalu secara ilmiah kapan waktu terbaik menikmati kopi? Di pagi hari antara 10.00-11.30 dan di antara pukul 14.00-17.00 sore. Keduanya adalah waktu-waktu produktif bekerja tentu saja!

Baca juga : Waktu Terbaik Minum Kopi

Kini tidak perlu jauh-jauh pergi mencari Coffee Shop di Pekanbaru, kamu bisa  menikmatinya di  Kopi Nganu jl. Ahmad Dahlan,  Kopi Nganu juga menyediakan berbagai pilihan kopi khas dari Indonesia, selain di website ini, kamu juga bisa order di Tokopedia Kopi Nganu dan Shopee Kopi Nganu

Disadur dari berbagai artikel kesehatan dan sumber lainnya;

https://ottencoffee.co.id/

https://kumparan.com/

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Benarkah Kopi Mampu Meningkatkan Produktifitas?

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Benarkah Kopi Mampu Meningkatkan Produktifitas?

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin 1
● online
Admin 2
● online
Admin 1
● online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: