Beranda » Blog » 5 Tata Cara Pengolahan Kopi Robusta Yang Wajib Diketahui Para Pecinta Kopi

5 Tata Cara Pengolahan Kopi Robusta Yang Wajib Diketahui Para Pecinta Kopi

Diposting pada 23 March 2020 oleh admin / Dilihat: 2.827 kali

Sebelum menikmati kopi yang lezat, tentunya harus melewati proses pengolahan terlebih dahulu bukan? Proses yang tepat akan menghasilkan kopi dengan kualitas dan mutu yang bagus loh. Kopi robusta yang jadi primadona pun butuh diolah dengan baik agar menjadi produk unggulan dan digemari para pecinta kopi masa kini. Yuk simak beberapa cara pengolahan kopi robusta di bawah ini, antara lain:

  1. Sortir Kopi

Hal pertama yang bisa dilakukan dalam pengolahan kopi robusta adalah dengan cara menyortir biji kopi. Pilihlah biji kopi yang sesuai standar dan tidak cacat, serta sortasi dengan cara membersihkannya dari ranting, daun dan lainnya. Kotoran tersebut harus segera dibuang agar tidak merusak mesin pengupas.

  1. Kupas Kulit Kopi

Setelah dilakukan penyortiran, langkah selanjutnya adalah dengan mengupas kulit kopi dengan mesin yang tersedia. Pastikan untuk memisahkannya berdasarkan ukuran biji agar mendapat ukuran yang sesuai.

  1. Pencucian Biji Kopi.

Tidak hanya mengupasnya, biji kopi harus dilakukan pencucian yang bersih untuk menghilangkan sisa lendir pada kulit. Pencucian bisa dikerjakan secara manual untuk kapasitas kecil, yaitu menggunakan ember.

  1. Robusta Wet Process (RWP)

Berlanjut pada pemrosesan kopi robusta, yaitu RWP atau Robusta Wet Process. Dengan cara ini biji kopi akan dilakukan pengupasan kulit dan pencucian hinga bersih, dimana air merupakan kunci utama dalam proses ini. Namun harus berhati-hati saat mengolahnya, karena jika terkontaminasi jamur membuat cita rasa kopi jadi berubah dan tidak enak.

kopi aceh kopi kerinci kopi lampung kopi arabika kopi robusta kopi nganu 16

  1. Robusta Dry Process

Proses pengolahan kopi yang satu ini dilalui tanpa tahap pengupasan kulit ataupun pencucian, karena nantinya akan langsung dikeringkan dengan panas terik matahari. Namun sayangnya membutuhkan waktu yang cukup lama dan tergantung dengan cuaca yang ada, yaitu sekitar 15 hari hingga 20 hari loh.

Itulah informasi mengenai 5 tata cara pengolahan kopi robusta yang wajib diketahui oleh para pecinta kopi. Tentunya proses tidak akan menghianati hasil bukan? jadi, pengolahan kopi yang tepat bisa menghasilkan kualitas dan mutu kopi yang terbaik pula. Rekomendasi kopi berkualitas, cobalah  kopi “nganu” di kopinganu.com untuk merasakan kenikmatan kopi dengan cara penyeduan sesuai selera.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

5 Tata Cara Pengolahan Kopi Robusta Yang Wajib Diketahui Para Pecinta Kopi

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

5 Tata Cara Pengolahan Kopi Robusta Yang Wajib Diketahui Para Pecinta Kopi

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin 1
● online
Admin 2
● online
Admin 1
● online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: