Beranda » Artikel Blog » CARA MUDAH MEMBERSIHKAN GRINDER KOPI

CARA MUDAH MEMBERSIHKAN GRINDER KOPI

Diposting pada 27 August 2021 oleh admin | Dilihat: 232 kali | Kategori:

Jika kamu hobi seduh kopi dirumah pastinya tidak asing lagi dengan grinder kopi bukan? Ya. Para pecinta kopi pasti setuju kalau grinder kopi berperan penting untuk menciptakan kopi yang nikmat.

Namun sayangnya masih banyak yang meremehkan aspek penting untuk selalu menjaga kebersihan penggiling kopi atau grinder, akibatnya mesin grinder yang dipakai sering macet dan cepat rusak karena bertumpuknya sisa-sisa kopi yang digiling sebelumnya.

CARA MUDAH MEMBERSIHKAN GRINDER KOPI

credit: chowhound.com

TUJUAN MEMBERSIHKAN GRINDER KOPI

Sisa kopi dan minyak yang menumpuk pada grinder mungkin tidak berbahaya akan tetapi sangat mempengaruhi rasa kopimu.  Grinder yang dibersihkan secara rutin akan menghasilkan kopi yang fresh dan terbebas dari residu kopi dan minyak yang dapat mengacaukan rasa kopi karena bercampur dengan sisa kopi sebelumnya menjadikanya tidak segar.

Jadi, pada dasarnya tujuan membersihkan grinder adalah untuk menghilangkan sisa kopi dan minyak yang menumpuk pada grinder.  Hal ini juga penting untuk memperpanjang umur burr atau mata pisau grinder.

SEBERAPA SERING KITA HARUS MEMBERSIHKAN GRINDER KOPI

Muncul pentanyaan, seberapa sering kita harus membersihkan grinder?  Tentunya tergantung frekwensi pemakainya, setelah kamu pakai grinder dan sisa kopi sudah mulai terlihat, maka saat itulah waktu yang tepat untuk kamu bersihkan.

Bahkan ketika kamu menggiling kopi yang memiliki karakter yang sangat berbeda dengan kopi yang lain, sebaiknya kamu bersihkan terlebih dahulu grindernya, agar tidak mengacaukan rasa dan kesegaran kopi tersebut karna bercampur dengan rasa kopi yang lain.  Setidaknya rencanakanlah setiap dua minggu sekali atau lebih sering yaitu seminggu sekali.

Apalagi jika kamu mempunyai sebuah kafe atau kedai kopi, rutin membersihkan grinder adalah hal yang sangat membantu menjaga reputasi kafe kamu dalam segi kualitas dan kebersihan.  Juga dapat menjaga burr grinder dalam keadaan baik dan bisa terus dipakai.

CARA MEMBERSIHKAN GRINDER KOPI

Membersihkan grinder tidak hanya sebatas bersih dari sisa kopi kemaren dan minyak yang menumpuk, akan tetapi ada cara dan trik agar grinder bersih dengan sempurna.

Ada beberapa pilihan dalam membersihkan grinder ini, sebagian besar cara kerja sama. Ada yang membersihkan dengan cara manual dan juga ada  yang membersihkan grinder dengan cara cepat yaitu pemakaian bahan kimia yang katanya bahanya ramah lingkungan, biasanya produk “pembersih grinder” ini bentuknya seperti butiran tablet,  sering di pakai jika ingin membersihkan grinder dengan cepat dan malas untuk membersihkan burr grinder.

Kali ini kami bagikan tips mudah membersihkan grinder kopi secara manual.

Alat yang dibutuhkan:

  • Kuas (soft brush)
  • Kain mikrofiber
  • Vacuum cleaner (opsional)
  • Obeng (Untuk berjaga-jaga jika Anda membutuhkannya untuk melepas beberapa bagian)
  • Tusuk gigi kayu dan cuttonbad
  • sikar gigi bekas
  • Biji kopi untuk pembersih

Cara membersihkan:

  1. Cabut colokan mesin grinder
  2. Lepaskan dan pisahkan bagian burr grinder, setiap grinder beda komponennya, dan kamu harus mengecek terlebih dahulu mesin grindernya, akan tetapi biasanya langkah awalnya buka skrup atau casiing bagian atas grinder dengan obeng.  Ini dilakukan untuk proses pembersihan bagian dalam grinder, yang terdapat celah-celah bagian dalam.

    Credit: homegrounds.co

  3. Jika sudah terlepas balikan grinder, tepuk-tepuk bagian sisi-sisinya sehingga sisa-sisa bubuk kopi keluar semua, ulangi sampai tidak ada debu yang keluar.
  4. Gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan sisa bubuk kopi dan debu yang menempel pada bagian dalam grinder.  Kamu dapat menggunakan kain mikrofiber untuk menyeka debu-debunya, tetapi beberapa orang memilih untuk menggunakan vacuum cleaner  sebagai gantinya.

    Credit: homegrounds.co

  5. Gunakan juga tusuk gigi atau cutton bad untuk mengorek bagian dalam grinder yang susah dibersihkan, bersihkan juga pada saluran freder biasanya saluran ini untuk keluarnya bubuk kopi ke tempat laci penggilingan,  gunakan cuttonbad ini cocok untuk menjangkau tempat yang sempit.

    Credit: homegrounds.co

  6. Bersihkan kembali setiap komponen grinder dengan kuas, agar tidak terseisa debu-debu halus yang menempel.  Bagian bagian yang terbuat dari plastik  kamu bisa gunakan sedikit air sabun untuk benar-benar menghilangkan sisa-sisa kopi dan minyak pada grinder, pastikan kamu keringkan dengan benar sebelum kamu memasang kembali setiap komponen grinder ini
  7. Komponen yang terbuat dari logam harus tetap kering, jangan membasahi atau menyemprotkan air pada grinder, gunakan sikat gigi atau kuas yang keras untuk membersihkannya.
  8. Jika kamu ingin menggunakan vacum cleaner untuk membersihkan debu-debu halus pada grinder, pastikan agar lebih berhati-hati pada bagian bau-baut kecil agar tidak ikut tersedot ke dalam vacuum.
  9. Untuk wadah biji kopi dan bagian plastik lainnya, beri sedikit baking soda di atas tisu basah akan menghilangkan sisa minyak kopi, ditambah debu yang menempel, dan membuat plastik bersinar seperti baru.
  10. pasang kembali setiap komponen yang kamu buka, kemudian giling beberapa biji kopi setelah mesin grinder kamu bersihkan, ini bertujuan untuk memastikan mesin grinder sudah siap untuk di pakai kembali dan memastikan setiap komponen sudah terpasang dengan benar.

Baca Juga : 

9 Jenis Minuman Espresso Based yang Dijual di Coffee Shop Pekanbaru

Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi? Ini Jawaban Ilmiahnya

 

Sudah siap untuk bersih-bersih grindermu? membersihkan grinder nyatanya bukan hal yang sulit dan dapat dilakukan dalam waktu yang relatif cepat.  Jika anda mals membersihkanya, ingatlah selalu grinder yang bersih akan menghasilkan rasa kopi yang enak dan membuat mesin grinder lebih bertahan lama.

Lalu kapan waktu burr atau mata pisau perlu diganti dengan yang baru?

Meskipun kamu bisa memperpanjang umur burr dengan cara rutin membersihkan dan merawatnya, tetapi kinerja mesin pasti ada waktu habisnya, dan solusinya harus mengganti mata pisau dengan yang baru.

Ada beberapa tanda yang bisa kamu perhatikan ketika mesin grinder kamu sudah menurun kinerjanya dan minta diganti.

  1. Kopimu jadi terasa hambar, ini mungkin bisa terjadi karena beberapa faktor, misalnya karena resep kopi yang kamu buat atau faktor lainnya, jika tidak karena faktor yang kami sebutkan bisa jadi ini dikarenakan burr atau mata pisau grinder kamu sudah tumpul
  2. Dosis menjadi kurang konsisten.  Jika kamu merasa grinder menyemburkan kopi dengan kontrol kurang dari biasanya, bisa jadi karna jenis kopi yang berbeda tetapi bisa juga karena burr atau mata pisau yang semakin tumpul
  3. Saluran penggiling mungkin sering tersumbat. Meskipun penyumbatan total mungkin tidak akan terjadi, ada kemungkinan bahwa semakin banyak debu yang tersangkut di saluran. Ini terjadi karena burr yang tumpul menghasilkan lebih banyak butiran halus dan gumpalan, yang cenderung membuat benda ini macet.
    Sementara salah satu dari gejala ini dapat disebabkan oleh kopi  atau bahkan kesalahan pengguna, jika kamu  mulai memperhatikan tanda-tanda yang kami sebutkan ini, kamu dapat dengan yakin menebak bahwa burr mencapai akhir masa pakainya.

Biasanya produsen grinder kopi mengatakan pada kemasannya untuk mengganti burr espresso setelah menggiling kopi mencapai 500-900 kg akan tetapi untuk grinder biasa bisa menjapai 6000 kg lebih karena tidak menggiling terlalu halus.  Periksalah mesin grinder kamu dan perkirakan masa pemakainnya.

Demikianlah cara membersihkan grinder semoga bisa membantu.  Jika kamu merasa terbantu, silakan bagikan dengan teman dan keluargamu yang pecinta kopi!

Source: cikopi.com, homegrounds.co, baristawarehouse.com.au

 

Untuk pecinta kopi yang suka minum metode v60 kini hadir paper filter hario :

Paper Filter Hario V60 Pekanbaru/ Kertas Filter Kopi Hario

S.E

Bagikan

CARA MUDAH MEMBERSIHKAN GRINDER KOPI | Kopi Nganu Roastery

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Hubungi Kami

Live Chat
  • 0813 7116 2702
  • 0812 7088 3822
  • Jam Kantor: 09.00 – 18.00 wib
  • Jalan Ahmad  Dahlan No. 137 A, Pekanbaru, Riau
  • Layanan Pengaduan:
    0822 8636 8034

Chat via Whatsapp
Admin 1
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja