Beranda » Blog » 9 Jenis Minuman Espresso Based yang Dijual di Coffee Shop Pekanbaru

9 Jenis Minuman Espresso Based yang Dijual di Coffee Shop Pekanbaru

Diposting pada 19 August 2021 oleh admin / Dilihat: 1.057 kali / Kategori:
coffee shop pekanbaru

credit : pinterest.com

Hallo Sobat Nganu..

Pernah gak sih kamu salah order kopi di coffee shop?

pengennya minum latte ternyata yang datang  Americano.
bukan salah baristanya ternyata kamu gak ngerti beda menu-menu coffee shop di Pekanbaru

Nah..
supaya gak salah lagi,
kita belajar  yuk,
ini  dia 9 Jenis Minuman Espresso Based yang Dijual di Coffee Shop

[toc]

Kopi sudah menjadi minuman paling banyak dikonsumsi di dunia,
minum kopi sudah menjadi rutinitas dipagi hari.

Minuman kopi digemari oleh semua kalangan,
apalagi dengan menjamurnya coffee shop di pekanbaru atau kedai kopi sekarang ini,
menawarkan berbagai jenis minuman kopi yang sedang populer.

Istilah kopdar (kopi darat) sudah familiar dikalangan para pecinta kopi,
nongkrong sambil menyeruput kopi menjadi cara bersosialisasi dikalangan anak muda zaman sekarang.

Saat berada di coffee shop di pekanbaru kita akan dihadapkan dengan berbagai jenis nama minuman yang mungkin masih asing ditelinga kita,

kebanyakan minuman kopi ini menggunakan bahasa inggris seperti;
Espresso, ristretto, Cappuccino, Macchiato,
Latte, Flat White, Affogato, Long Black, Cold Brew
dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang peminum kopi kasual mungkin akan bingung kenapa banyak sekali jenisnya.

Setiap coffee shop atau kedai kopi biasanya memiliki mesin espresso, nah mesin inilah yang menjadi senjata utama untuk membuat berbagai macam jenis minuman kopi ini.

Meskipun berbahan dasar sama, berbeda cara penyajian akan berbeda pula rasanya,

Nah biar gak bingung pada artikel ini kami rangkum 13 jenis minuman kopi yang berbahan dasar espresso atau (espresso based) yang paling poluler;

Espresso

credit: Plimbi.com

Espresso merupakan inti dari minuman kopi, bisa dikatakan sebagai fondasi dasar dari berbagai minuman kopi.  Espresso adalah kopi yang diekstrak menggunakan alat seduh bertekanan tinggi, proses pembuatan espresso dimulai dari bubuk kopi yang harus disembur dengan tekanan tinggi sebesar 4–9 bar dan suhu air 90–98 derajat celsius.

Sejarah espresso dari orang-orang italia yang harus mengantri lama saat memesan kopi, padahal rutinitas mereka sangat sibuk dan mengharuskan bergerak cepat.
Dari keadaan itu seorang pria asal Turin, Italia bernama Angelo Moriondo berhasil menemukan mesin kopi espresso pertama pada tahun 1884.

Istilah espresso pertama kali digunakan pada awal tahun 1900-an. Jika diterjemahkan, espresso diartikan sebagai ‘secangkir kopi yang diseduh secara ekspres hanya untuk Anda’.

Hal pertama yang harus Anda ketahui dari menu kopi yang mendunia ini adalah penyebutannya yang menggunakan istilah shot.  Espresso dibuat dengan bubuk kopi sekitar 12–18 gram yang dipadatkan di sebuah portafilter, dan disembur dengan tekanan tinggi, disajikan hanya dalam 30-45 ml saja.

Hasilnya, single shot espresso akan memiliki lapisan busa keemasan yang disebut sebagai krema dan disajikan dalam cangkir mini.

Kopi espresso dibuat tanpa bahan tambahan apapun, jenis minuman kopi ini merpakan pondasi dari minuman espresso based lainnya.

oh ya..

Sebelum minum espresso kamu harus tahu, espresso dengan campuran apapun jika di minum super pahit,
dan bagi kamu yang belu terbiasa sebaiknya ditambahkan air sedikit agar menjadi americano, penjelasannya ada di bawah pembahasan nomor 2.

Sebelum minum kopi sebaiknya kamu harus perhatikan dulu waktu terbaik minum kopi,
Kamu bisa baca artikel kami yang membahas secara ditail  tetang :
Waktu Terbaik Minnum Kopi

Americanno

Americano disebut juga sebagai salah satu kopi hitam turunan dari espresso, kata americano berasal dari cara orang America meminum espresso.  Sebagian pecinta kopi menyebutnya sebagai espresso versi encer, karena tambahan air putih panas didalamnya, untuk rasa yang lebih segar tak jarang orang menambahkan es batu pada minuman ini, dan terciptalah iced americano sebagai salah satu minuman kopi hitam.

Kopi americano dibuat dari satu atau dua shot espresso, kemudian ditambahkan air panas di atasnya, banyak orang yang juga mengira bahwa Americano sama dengan black coffee. Padahal, proses pembuatan kedua menu kopi tersebut tidaklah sama, begitu pula dengan rasa yang dihasilkan.

Tidak seperti espresso, americano tidak menghasilkan krema, disebabkan karena tambahan air panas yang memecah krema pada saat kopi disiram.

Perbandingan atau rasio antara espresso dengan air panas yang paling umum digunakan adalah 1:4. Satu untuk single atau double shot espresso, dan empat untuk air panas.

Secangkir americano biasanya disajikan sebanyak 240 ml.

Cappucino

credit: Cafe Brick Jogja

Cappucino merupakan minuman tradisional italia yang terkenal dengan lapisan atasnya berupa froth (buih) susu, komposisinya adalah 1/3 espresso, 1/3 susu steamed, dan 1/3 buih susu, dikatakan sama apabila perbandingnya komposisinya sama semuanya anatara espresso, steamed dan froth susu.  Jika kita meneguknya makan akan merasakan foam (busa) yang agak tegas dan tebal, dan rasa milky setelahnya, cappucino tidak memiliki art pada lapisan permukaan atasnya.

Susu yang digunakan untuk membuat secangkir cappuccino adalah susu dengan foam yang lebih tebal dari latte. Takaran susunya pun lebih sedikit karena sepertiga bagian dari kopi cappuccino adalah foam yang tebal.

Pada secangkir cappuccino, buih susu terlihat lebih kasar karena proses steaming-nya lebih lama. Proses steaming, foaming, atau frothing ini biasanya menggunakan alat uap yang ada pada mesin espresso, yaitu steam wand. Namun, pembuatan foam ini tidak hanya bisa dilakukan dengan steam wand saja.

Latte

Latte adalah campuran espresso dengan susu yang sudah di steam atau susu yang dipanaskan dengan uap, hal dasar untuk membuat latte adalah proses steaming susunya, foam yang dihasilkan pada latte lebih sedikit halus dan tidak tebal dari pada cappucino.

Proses steaming susunya ini bertujuan untuk memanaskan susu hingga temperatur yang diinginkan dan untuk menghasilkan  micro foam.

Komposisi latte adalah Double shot espressso 1/3 dan 2/3 steamed milk, micro foamnya tipis kira-kira hanya 1 cm lapisan permukaanya, dan biasanya dalam penyajianya terdapat gambar dipermukaanya atau sering disebut dengan latte art.  Rasio campuranya adalah 1:2, espresso 30 ml maka campuran susunya adalah 60 ml,

Jika ingin membuat latte perhatikan juga jenis susunya, latte merupakan jenis minuman yang kental dan rasa susu yang dominan, maka jangan pilih susu yang rendah lemak atau low fat.   Untuk biji kopinya bisa kamu gunakan arabika atau robusta tidak ada aturan mutlak untuk jenis bijinya, namun profil bodynya harus tebal dan bold agar rasa kopi tidak kalah dengan rasa susunya.

Rasa dari kopi latte ini cenderung milky, creamy, kental dan tidak pahit.  Kamu tertarik untuk mencobanya?
selain rasa pahit kopi juga mengandung rasa asam,
Nah..
Untuk mengenal rasa asam pada kopi silahkan baca tentang Mengenal Zat Asam pada Kopi

Affogato

credit: Grid.ID

Affogato berasal dari bahas Italia yang berarti “tenggelam”,

maksudnya adalah minuman atau makanan pencuci mulut dengan sajian es krim dalam cangkir yang dilumuri atau disiram dengan espresso.

Yang dimaksud tenggelam disini adalah tenggelamnya es krim didalam secangkir espresso.

Biasanya es krim yang digunakan adalah es krim vanila, karena rasa vanila memiliki rasa netral, sehingga saat espresso hadir di atasnya, rasa kuat espresso dinilai tidak hilang bersama rasa es krimnya.

Vanila memberi keseimbangan yang menyenangkan untuk menu affogato, apakah boleh menggunakan selain es krim vanila? tentu jawabanya adalah boleh saja, rasa coklat dan lainnya bisa dijadikan sajian affogato.

Pada awalnya di Italia menggunakan es krim khusus yaitu wes krim italian yang bernama gelato, perbedaanya dengan es krim biasa adalah kandungan lemaknya, pada gelato kandungan lemaknya lebih sedikit dari es krim biasa.

Diberbagai coffe shop sudah memodifikasi sajian affogato ini dengan menambahkan berbagai varian topping diatasnya, seperti tambahan coklat, kacang, biskuit dan permen.

Macchiato

credit : coffeeaffection.com

Macchiato dalam bahasa Italia memiliki arti “tanda”, “noda” maksudnya minuman yang sudah diberi tanda (bercak).  Merupakan turunan dari espresso, yaitu segelas espresso yang diberi busa susu diatasnya.

Di Indonesia minuman ini kalah tenar dari kopi turunan espresso lainnya seperti cappucino, latte, moca latte dan kopi lainnya.

Awal terciptanya Macchiato karena orang-orang Italia tidak terbiasa minum cappucino di siang hari, biasnya cappucino dinikmati pada pagi hari.

Sedangkan untuk meminum espresso di siang hari, rasanya terlalu membosankan.

Maka, diciptakanlah menu espresso dan susu dalam ukuran kecil. Tak terlalu besar seperti cappuccino.

Machiato terbagi dalam dua jenis yakni caffe (kopi) macchiato dan latte macchiato.

Kopi macchiato harus disajikan di dalam demitasse cup, atau cangkir espresso karena ukurannya memang harus kecil, komposisinya adalah susu yang di steam, espresso dan foam dengan rasio 2:1:1.

credit : nespresso.com

Komposisi dari latte macchiato adalah susu yang di-steam, espresso, dan foam.

Ukuran rasio ideal antara susu, espresso, dan foam adalah 2:1:1.

Langkah pertama dalam membuat minuman ini adalah memasukkan susu yang sudah di steam ke dalam gelas yang tinggi, lalu masukkan espresso, dan terakhir diberi foam di atasnya.

Dengan kata lain latte macchiato terdiri dari lebih banyak susu ketimbang espresso-nya. Meski tak sebanyak caffe latte biasa

Jika dilihat dari penyajiannya caffe atau kopi machhiato berukuran kecil dan dapat habis dengan sekali teguk berbeda dengan latte macchiato penampilanya memiliki 3 layer atau lapisan, biasanya disajikan dengan gelas tinggi.
Penasaran ingin mencoba dua jenis macchiato ini, kamu bisa datang ke  Coffee Shop di Pekanbaru seperti Kafe Kopi Nganu, Jalan Ahmad dalan, Pekanabru

Long Black

credit: tasteatlas.com

Long black berasal dari Australia dan New Zealand, komposisinya hampir sama dengan americano perbedaanya cara penyeduhanya, jika americano menambahkan air panas pada espresso, maka long black air panas terlebih dahulu baru dituangkan espresso.

Long black memiliki ciri khas yang berbeda dengan americano yaitu adanya krema.
Karena menuangkan air panas terlebih dahulu sebelum espresso maka krema yang berada di atas kopi tetap utuh berada di permukaan gelas.  Sesuai namanya long black ini memiliki warna hitam seperti warna kopi aslinya.

Agar cita rasa long black ini tidak berubah, maka cara penyeduhannya harus sama dengan negara asalnya, urutanya harus air panas telebih dahulu baru di beri espresso. Kekentalan krema pada kopi ini pun terlihat jika urutan penyeduhanya dilakukan dengan benar.

mengutip dari filosofikopi.com berikut cara membuat kopi long black:

  • Ambil secangkir gelas ukuran sedang
  • Tuang air panas dari mesin ekspresso atau kamu bisa panaskan air secara manual dan susu, volume airnya dua kali lipat atau bisa sesuai selera kamu
  • diamkan air selama 20-30 detik
  • kemudian masukan double shot espresso ke atas permukaan air
  • long black kamu sudah siap, sajikan selagi hangat karena semakin lama krim akan menghilang.

Ristretto

 

credit : pinterest.com

Ristretto berasal dari bahsa italia yang berarti “terbatas”, biasanya terkenal juga dengan julukan setengah dari espresso, seperti asal katanya ristretto di ekstraksi dalam waktu terbatas.  Proses ekstraksinya tidak selama espresso sekitar 15 detik, takaran sajinya hanya 15 ml.

Jumlah takaran bubuk kopi yang digunakan (14 gram), suhu air, mesin espresso (karena tidak tersedia mesin khusus ristretto), dan tekanan air yang dibutuhkan untuk membuat ristretto juga sama seperti espresso, kecuali jumlah takaran air

Karena di ekstraksi dalam waktu singkat, ristretto menghasilkan rasa yang lebih kaya, lebih manis dan smooth.  Ristretto adalah minuman yang kaya akan kafein berguna untuk mereka yang memerlukan suatu yang lebih dari espresso.  Minuman ini menjadi based dari minuman kopi lainnya.

Lungo

credit: coffeegearx.com

Berasal dari bahsa Italia yang berarti “long atau lama, dibandingkan dengan ristretto dan espresso, kopi lungo diekstraksi dalam waktu yang lebih lama.  Jika biasanya espresso diekstraksi selama 30 detik, maka lungo bisa selama 1 menit, dengan ukuran shot standar 130-170 ml.

Karena takaranya lebih banyak sekilah 150 ml, lungo sering disebut serupa dengan americano atau long black, padahal sangat berbeda, karena long black semua air nya diekstraksi, bukan ditambahkan atau dicampurkan.

Rasa Getir yang dihasilkan berasal dari proses ekstraksi yang lama, sehingga semaki lama semakin banyak air yang terekstraksi dan membuat beberapa komponen bubuk kopi yang seharusnya tidak terlarutpun ikut diekstraksi pula.

Demikian lah jenis-jenis minuman espresso based yang wajib kamu coba, jadi jangan bingun lagi ya kalau datang ke coffee shop.

Jangan lupa kasih tahu juga info ini ke teman kamu, sebernya masih banyak lagi jenis espresso based yang belum kami paparkan, akan kami ulas pada artikel berikutnya.

Itulah beberapa menu espresso based  yang perlu kamu diketahui.
Rasanya yang nikmat dan unik membuat jenis menu ini disukai oleh para pencinta kopi di dunia.

Kini tidak perlu jauh-jauh pergi mencari coffee shop di pekanbaru, kamu bisa  menikmatinya di  kopi nganu jalan ahmad dahlan,  Kopi Nganu juga  menyediakan berbagai pilihan kopi khas dari Indonesia,
selain di website ini, kamu juga bisa order di Tokopedia Kopi Nganu dan Shopee Kopi Nganu

S.E

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

9 Jenis Minuman Espresso Based yang Dijual di Coffee Shop Pekanbaru

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

9 Jenis Minuman Espresso Based yang Dijual di Coffee Shop Pekanbaru

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin 1
● online
Admin 2
● online
Admin 1
● online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: